Tata Ruang Laboratorium Biologi

 Menurut Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA  ruang laboratorium biologi berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran biologi secara praktek yang memerlukan peralatan khusus. Ruang laboratorium biologi dapat menampung minimum satu rombongan belajar dengan rasio minimum ruang laboratorium biologi 2,4 m2/peserta didik. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium 48 m2 termasuk luas ruang penyimpanan dan persiapan 18 m2. Lebar minimum ruang laboratorium biologi 5 m.

Ruang laboratorium biologi memiliki fasilitas yang memungkinkan pencahayaan memadai untuk membaca buku dan mengamati obyek percobaan.

Ruang laboratorium biologi dilengkapi sarana sebagai berikut:

Dari standar sarana yang harus ada dalam laboratorium biologi maka  tata ruang laboratorium yang dapat dibuat sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing, contohnya berikut ini:

Contoh 1.

Contoh 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 − three =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>