Siapkan diri untuk Edukasi 4.0 melalui VCT

IMG_20190420_090931 - Copy

                                                                                                                              Berinovasi dalam pendidikan itu mudah, apalagi jika kita memiliki fasilitas untuk mengembangkan diri. Salah satunya dengan mengikuti VCT (Virtual Coordinator Training)

Revolusi  industri 4.0 sudah bergulir dan bahkan mulai merambah 5.0. Cepat atau lambat semua sektor kehidupan manusia harus mampu mengikuti perkembangan ini. Perubahan yang merupakan hakikat dari perkembangan ini juga menuntut adanya kemajuan dalam dunia pendidikan.  Pendidikan juga harus masuk ke edukasi 4.0 untuk mampu menyiapkan generasi yang siap dengan kemajuan jaman.

Ciri edukasi 4.0 adalah pendidikan berbasis inovasi. Oleh karena itu para pendidik pun harus mampu melakukan pembelajaran yang inovatif sebagai motor perubahan dalam pendidikan. Edukasi 4.0 tidak berfokus pada ‘apa yang diajarkan’ tetapi melakukan pendekatan bernuansa ‘cara mengajarkannya‘, sehingga dapat mengembangkan dan meningkatkan pendidikan individual peserta didik.

Salah satu upaya yang dilakukan SEAMEO dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan mengadakan pelatihan online Virtual Coordinator Training (VCT).  Apa sajakah yang dapat kita peroleh melalui pelatihan ini?  Pertama,  melalui VCT kita akan belajar bagaimana mengelola pembelajaran online. Pada program ini, kita akan diminta untuk belajar menjadi host video conference (VC), moderator, dan juga penyaji materi pada suatu pelatihan online.  Kedua, Materi-materi yang disampaikan penyaji dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan kita baik di bidang keilmuan maupun penggunaan TI. Dalam pelatihan ini, kita akan bertemu peserta yang merupakan guru-guru hebat dan inovatif yang nantinya akan berbagi ilmu kepada kita. Ketiga, pelatihan ini membutuhkan kerja sama (kolaborasi) dengan peserta lain untuk dapat lulus pelatihan ini. Oleh karena itu, kecakapan/ketrampilan sosial, ketrampilan berkomunikasi perlu terus kita asah selama pelatihan. Hal ini karena kita akan bertemu dengan banyak peserta yang merupakan orang-orang baru yang juga mungkin berbeda daerah dengan kita. Keempat, melatih softskill kita, contohnya dengan mengasah empati, peduli dan saling tolong menolong dengan peserta lain. Softskill ini merupakan salah satu bekal penting bagi peserta didik dalam menghadapi abad 21 ini. Jika para pendidik dapat mengembangkan softskill ini, maka tentunya mereka akan dapat memberikan ketauladanan kepada anak didiknya.

Penasaran ingin ikut pelatihan ini? jangan kuatir, sebentar lagi SEAMEO akan mengadakan lagi Virtual Coordinator Training Batch 4. Kapan waktunya? ikuti terus blog ini yaaaa untuk info pendaftarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *