Alur Pelatihan SEAMEO VCT Jateng-DIY Batch-4

Penasaran dengan kegiatan pelatihan SEAMEO VCT Bacth-4? Pingin tahu bagamana alur kegiatan yang harus diikuti peserta agar lulus pelatihan ini?

Pelatihan angkatan ke 4 ini sedikit berbeda dengan 3 angkatan sebelumnya. Apa yang berbeda, diantaranya pada batch-4 ini ada kegiatan offline atau tatap muka. Lebih detail tentang alur pelatihan ini, yuuuukkk simak tulisan berikut ini berikut ini. Langsung dari narasumber tim VCT Bacth-4.

I. Waktu dan Tempat

Pelatihan berlangsung secara tentatif dengan perkiraan waktu 2 bulan. Sesi kegiatan berlangsung dalam jaringan melalui video conference dengan platform webex, diawali tatap muka 1x untuk mekanisme dan teknis pelaksanaan

II. Peserta

Peserta kegiatan ini terdiri dari guru dan praktisi pendidikan di Indonesia yang berpartisipasi dalam program ini.

Diagram Alur kegiatan :

Secara skematis, diagram alur kegiatan sebagai berikut :

III. Konten Workshop (Kegiatan Offline)

Workshop disampaikan dalam Bahasa Indonesia dengan cakupan berikut:

  • Pengantar pelatihan dari penyelenggara
  • Penggunaan platform Konferensi Video berbasis Webex secara online (WebEx) dalam pelatihan.
  • Seluruh proses kerja dan praktik dalam melakukan dan menyelenggarakan sesi online. Topik pelatihan difokuskan pada ketrampilan mengelola pelatihan online.

IV. Kegiatan Daring

Rincian proses kegiatan daring secara singkat sebagai berikut:

  1. Promosi: Teknik mempromosikan kegiatan melalui persiapan material (Flyer digital berisi pengumuman kegiatan dan detil narasi kegiatan), pendaftaran online dan mengkreasi room.
  2. Implementasi: Materi yang dibutuhkan, teknik membuka room webex, teknik mengelola webex, Penyediaan narasumber dan menjadi narasumber, menjadi host dan menjadi moderator sesi dalam jaringan serta presensi kegiatan online.
  3. Dokumentasi : Teknik merekam kegiatan, teknik mengupload ke youtube dan share ke sosial media.
  4. Peserta yang memenuhi kualifikasi dan kelayakan akan berhak menerima Sertifikat sebagai Virtual Coordinator’s Training.

V. HASIL YANG DIHARAPKAN

Pada akhir kegiatan Workshop, peserta  diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut :

Seorang virtual coordinator harus memiliki kecakapan dalam mengelola pelatihan atau pembelajaran berbasis dunia maya menggunakan platform video conference. Merancang dari awal kegiatan hingga publikasi ke sosial media. Karena itu, inilah kecakapan minimal yang harus dimiliki oleh VC Indonesia :

     A. Persiapan Kegiatan:

  1. Membuat flyer / poster digital untuk mengajak dunia luar bergabung. Tool yang dapat digunakan dalam membuat flyer digital sangatlah banyak, diantaranya Photoshop, Coreldraw, Canva, berbasis online seperti postermywall.com, bahkan bisa menggunakan aplikasi familiar seperti Ms. Word dan Powerpoint.
  2. Untuk mendukung flyer yang telah dibuat, VC harus punya kecakapan menulis narasi kegiatan, berisi pengetahuan awal tentang hal yang akan disampaikan, jadwal kegiatan serta informasi link platform video conference, room number dan password
  3. Jika kegiatannya terbatas pada kalangan tertentu, VC harus punya kecakapan melakukan rekrutmen secara online melalui google form, microsoft form atau zoho forms dan sebagainya

     B. Implementasi kegiatan

  1. Melakukan kegiatan melalui video conference. Banyak platform yang dapat digunakan, seperti google hangouts, skype for bussiness, zoom. Namun Webex memiliki kekuatan gambar dan video yang stabil. Dengan webex dapat dibuat room pertemuan secara mandiri.
  2. Membuat presensi kegiatan online sebagai dokumentasi peserta yang mengikuti kegiatan. Presensi dapat dibuat menggunakan google form atau microsoft form, namun jika ingin presensi yang bisa ditandatangani, zoho forms bisa dijadikan pilihan.
  3. Untuk menshare form dengan link yang panjang, sebelumnya link tersebut diringkas terlebih dahulu, agar pemirsa bisa mengetik ulang. Link ringkas dibuat sesederhana mungkin dengan nama unik, menghindari menggunakan huruf kapital dan huruf kecil, karena link tersebut diketik ulang
  • VC memiliki kecakapan menjadi moderator, host dan narasumber secara virtual melalui video conference

     C. Dokumentasi kegiatan

  1. Kegiatan yang dilakukan harus didokumentasikan sebagai jejak digital edukasi 4.0. Karena itu VC harus punya kemampuan merekam layar kegiatan berlangsung. Dapat melalui tablet dengan menggunakan diantaranya DU Recorder atau V-Recorder atau di Laptop dengan menggunakan misalnya Camtasia, Screencast o Matic atau Faststone.

Rekaman kegiatan tersebut diupload ke youtube agar dapat disimpan dan dipelajari kembali oleh pemirsa vicon

Tutorial Camtasia : KLIK DISINI

Tutorial Faststone: KLIK DISINI

Tutorial upload video ke youtube: KLIK DISINI

VI. PERSYARATAN PESERTA

Peserta kegiatan yang direkomendasikan memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Pendidik yang mempersiapkan sebuah topik yang akan dibagi untuk pengetahuan bagi peserta lain yang terstruktur dalam suatu program. (Mensharekan kemampuan/ilmu pengetahuan yang kita miliki melalui Video Conference)
  • Semua peserta diharuskan menggunakan laptop atau tablet/HP Android.
  • Semua peserta harus memiliki kemampuan komputer terutama berinternet.

VII. PEDOMAN

Peserta

  1. Guru dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/K, SLB atau sederajat, perguruan tinggi atau masyarakat umum yang memiliki ketertarikan terhadap Virtual Coordinator
  2. Memiliki kemampuan dasar komputer (Ms. Office)
  3. Memiliki jaringan internet yang memadai
  4. Melakukan pendaftaran secara online
  5. Memiliki nomor Whatsapp yang aktif
  6. Memiliki komitmen tinggi untuk mengikuti pelatihan

Hak dan Kewajiban Peserta:

Hak Peserta:

  1. Mendapatkan sertifikat sebagai Virtual Coordinator Training jika menjadi Narasumber, Host, dan Moderator sebanyak 2 kali untuk masing-masing penugasan
  2. Mendapat sertifikat sebagai Peserta VCT jika hanya mengikuti video conference sebanyak minimal 6 kali dan mengirimkan resumenya

Kewajiban Peserta:

  1. Menjadi Narasumber sebanyak 2 kali dengan materi bebas (yang paling dikuasai) dibuktikan dengan presesnsi sebagai narasumber
  2. Menjadi Host sebanyak 2 kali dibuktikan dengan presensi sebagai host
  3. Menjadi Moderator sebanyak 2 kali dibuktikan dengan presensi sebagai moderator
  4. Membuat Flyer
  5. Membuat Narasi
  6. Membuat Daftar Hadir Online
  7. Membuat Rekaman Vicon
  8. Mengunggah Rekaman Vicon ke akun youtube masing-masing
  9. Menjadi Peserta sebanyak minimal 6 kali
  10. Mengumpulkan resume

Sumber :
https://krisantusardy.wordpress.com/2019/04/25/guide-line-vct-batch-4/#more-373

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *